Cara menanam Hidroponik Tomat

Friday, December 18th, 2015 - Hidroponik

Cara menanam Hidroponik Tomat – Tomat merupakan buah yang kaya akan nutrisi, terutama vitamin C, tomat bisa didapatkan dengan mudah di pasar dekat rumah anda, tetapi anda juga dapat membudidayakannya dirumah anda. Lantas anda berpikir dirumah anda tidad ada lagi lahan untuk bercocok tanam tanaman tomat ? tenang saat ini sedang booming mengenai cara bercocok tanam di lahan sempit atau bercocok tanam tanpa media tanah, dikenal dengan nama teknik bercocok tanam hidroponik. Pada kesempatan kali ini Kami akan share informasi mengenai Teknik Bercocok Tanam Tomat secara Hidroponik.

tomat hidroponik

Tanaman Tomat berfamili dengan Solanaceae yang hidupnya juga membutuhkan ajir untuk menopang pertumbuhan tanaman. Tanaman ini banyak sekali yang membudidayakan dengan berbegai media tanam tergantung dengan petani. Tomat memiliki buah yang sangat bervariasi, tergantung dengan varietesnya. Ada buah tomat yang berbentuk bulat, agak bulat, agak lonjong dan bulat persegi. Selain itu, ukuran buah sangat bervariasi juga, yang berukuran 8 -180 gram per buah. Sedangkan warna tomat yaitu juga sangat bervariasi yaitu kemerahan, kekuningan, hijau muda dan juga ada yang belang-belang kemerahan.

Cara Menanam Hidroponik Tomat

Ada beberapa jenis sistem hidroponik, dan tomat dapat tumbuh dengan baik dari semua sistem. Instruksi di bagian ini akan mengajarkan Anda bagaimana membangun sebuah sistem pasang surut , yang relatif murah dan mudah untuk dibuat. [1] Namun, Anda mungkin ingin melihat alternatif lain, seperti sistem “budaya air” sederhana yang cocok untuk tomat dan tanaman kecil lainnya, atau sistem “multi aliran” atau “NFT” yanglebih kompleks , yang lebih umum digunakan oleh petani komersial. Sistem hidroponik hanya cocok untuk lingkungan dalam ruangan atau rumah kaca. Mereka membutuhkan kontrol yang tepat untuk berfungsi dengan baik, sehingga mereka harus dibentuk di suatu tempat tertutup dari kamar lain dan dari luar. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengatur suhu dan kelembaban ke tingkat akurat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan terbaik.

Gunakan wadah plastik yang tidak membiarkan cahaya masuk untuk mencegah pertumbuhan ganggang. Semakin besar waduk ini, semakin akan stabil dan sukses sistem hidroponik Anda. Minimal, setiap tanaman tomat kecil (seperti tanaman tomat ceri) akan membutuhkan 1/2 galon (1,9 liter) air, sementara sebagian besar, tanaman tomat agak lebih besar akan membutuhkan masing-masing 1 galon (3.8L). Namun, banyak faktor yang dapat menyebabkan tanaman tomat menggunakan air lebih cepat, sehingga dianjurkan agar Anda menggunakan wadah yang dapat menampung ganda jumlah minimum air. Anda dapat membeli pompa air di toko hidroponik, atau menggunakan pompa air mancur yang ditemukan di toko-toko perbaikan rumah. Banyak pompa akan memiliki grafik daftar aliran air pada ketinggian yang berbeda. Anda dapat menggunakan ini untuk menemukan pompa cukup kuat untuk mengalirkan air dari waduk ke nampan yang berisi tanaman. Tindakan terbaik adalah mungkin untuk memilih pompa yang kuat, bisa disesuaikan dan bereksperimen dengan pengaturan setelah sistem Anda siap.

Rawat tanaman tomat Anda dari biji bila memungkinkan. Jika Anda membawa tanaman di dari luar, Anda dapat meningkatkan resiko hama dan penyakit pada sistem hidroponik Anda. Tanamlah bibit dalam nampan pembibitan dengan bahan pendukung khusus untuk hidroponik, bukan tanah biasa. Satu inci kubus dari bahan yang disebut “batu wol” adalah pilihan yang umum, seperti batu lava atau helai panjang coco peat.[6] Sebelum menggunakannya, rendam bahan dengan air pH 4,5. Tanam benih di bawah permukaan, dan tetap di bawah kubah plastik atau bahan transparan lainnya untuk menahan kelembaban dan mendorong benih untuk berkecambah.[tk]

Tags:

cara cocok tanam hidroponik, hidroponik paralon, tomat hidroponik, cara menanam hidroponik tomat, cara menanam tomat hidroponik, cara menanam tanaman hidroponik tomat, cara membuat tanaman hidroponik tomat, cara tanam tomat hidroponik
Advertisement
Cara menanam Hidroponik Tomat | admin | 4.5
Leave a Reply