Sistem Hidroponik Substrat

Friday, December 18th, 2015 - Hidroponik

Sistem Hidroponik Substrat – Hidroponik berasal dari kata Yunani yaitu hidro yang berarti air dan ponus yang berarti daya. Dengan demikian, hidroponik dapat berarti memberdayakan air. Kegunaan air sebagai dasar pembangunan tubuh tanaman dan berperan dalam proses fisiologi tanaman. Di Indonesia hidroponik yang berkembang pertama kali yaitu hidroponik substrat. Hidroponik substrat merupakan sistem hidroponik yang menggunakan media selain tanah dan steril, misalnya arang sekam, pasir, dan serbuk sabut kelapa. Hidroponik substrat tidak menggunakan air sebagai media, tetapi menggunakan media padat (bukan tanah) yang dapat menyerap atau menyediakan nutrisi, air, dan aerasi serta mendukung akar tanaman seperti halnya fungsi tanah. Media yang dapat digunakan dalam hidroponik substrat ini antara lain batu apung, pasir, serbuk gergaji, atau gambut. Kemampuan mengikat kelembaban suatu media tergantung dari ukuran partikel, bentuk, dan porositasnya. Semakin kecil ukuran partikel, semakin besar luas permukaan jumlah pori, maka semakin besar pula kemampuan menahan air. Bentuk partikel media yang tidak beraturan lebih banyak menyerap air dibanding yang berbentuk bulat rata. Media yang berpori juga memiliki kemampuan lebih besar menahan air. Ukuran partikel dan komposisi organik dalam hidroponik sangat penting, karena itu menentukan baik kapasitas memegang air dan aerasi media. Aerasi yang baik dan kapasitas menahan air sangat penting untuk penanaman jangka panjang. Ukuran partikel yang baik umumnya kurang dari 0,59 mm.

hidroponik

Media tanam hidroponik harus memenuhi persyaratan sebagai berikut: dapat menyerap dan menghantarkan air, tidak mempengaruhi pH air, tidak berubah warna, tidak mudah lapuk. Pada dasarnya, berbagai macam media tanam selain tanah dapat dimanfaatkan untuk berhidroponik karena fungsinya hanya sebagai pegangan akar dan perantara larutan nutrisi. Media tanam hidroponik dapat dibedakan menjadi dua yaitu media tanam anorganik dan organik.

Media tanam merupakan komponen utama ketika akan bercocok tanam. Media tanam yang akan digunakan harus disesuaikan dengan jenis tanaman yang ingin ditanam. Menentukan media tanam yang tepat dan standar untuk jenis tanaman yang berbeda habitat asalnya merupakan hal yang sulit. Hal ini dikarenakan setiap daerah memiliki kelembaban dan kecepatan angin yang berbeda. Secara umum, media tanam harus dapat menjaga kelembaban daerah sekitar akar, menyediakan cukup udara, dan dapat menahan ketersediaan unsur hara.

Pasir Malang adalah pasir yang berasal dari lava gunung berapi. Sifat pasir Malang yang memiliki rongga-rongga halus membuat pasir Malang menjadi ringan dan sangat porous. Pasir Malang yang paling baik, umumnya yang bertekstur halus dan seragam. Untuk itu sebelum digunakan, pasir Malang sebaiknya disaring untuk mendapatkan pasir Malang yang seragam. Kelemahan lain dari penggunaan pasir Malang adalah sangat miskin unsure hara, sehingga pemupukan teratur menjadi suatu keharusan, untuk mencegah tanaman kekurangan unsur hara.

Pakis mempunyai sifat lambat melapuk dan bisa bertahan selama dua tahun atau lebih. Akar tanaman akan menyusup ke dalam sehingga tanaman dapat berdiri tegak. Pakis juga mempunyai drainase dan aerasi yang baik. Air akan menguap sedikit demi sedikit sehingga kelembaban lingkungan stabil dan memberikan pengaruh baik pada pertumbuhan tanaman. Meski mempunyai sejumlah keunggulan, tetapi pakis juga mempunyai kelemahan. Media itu disukai semut dan hewan kecil lainnya atau bahkan mikroorganisme. Untuk mengatasinya, pakis perlu disterilkan sebelum digunakan. Caranya pakis dibersihkan atau dicuci dengan air, hingga kotoran seperti tanah atau sejenisnya hilang.[tk]

Tags:

hidroponik substrat, metode substrat, serbuk gergaji sebagai media tanam hidroponik, substrat yang paling banyak menahan air adalah, hidroponik media pasir, pengertian hidroponik substrat, hidroponik sistem substrat, sebutkan media tanam (substrat) yang digunakan dalam sistem hidroponik, hidroponik menggunakan media pasir, Media yang digunakan dalam hidroponik substrat antara lain
Advertisement
Sistem Hidroponik Substrat | admin | 4.5
Leave a Reply