Tanaman Kangkung

Friday, December 18th, 2015 - Sayuran

Tanaman Kangkung – Kangkung merupakan tanaman dari famili Convolvulaceae. Tanaman ini berumur lebih dari setahun, menetap, menjalar atau membelit. Mengandung banyak vitamin A, C serta mineral terutama zat besi. Ada 2 jenis kangkung yang enak dimakan yaitu kangkung darat, mempunyai daun-daun yang panjang dengan ujung runcing, berwarna hijau keputihan dan bunganya berwarna putih. Kangkung air yang mempunyai daun panjang dengan ujung yang agak tumpul berwarna hijau kelam dan bunganya berwarna putih keunguan. Sayuran daun ini juga memiliki kandungan zat besi yang lumayan disamping rasanya yang enak. Kangkung merupakan tanaman menetap yang dapat tumbuh lebih dari satu tahun. Tanaman kangkung memiliki sistem perakaran tunggang dan cabangcabang akar yang menyebar ke semua arah, dapat menembus tanah sampai kedalaman 60 hingga 100 cm, dan melebar secara mendatar pada radius 150 cm atau lebih, terutama pada jenis kangkung air. Batang kangkung bulat dan berlubang, berbuku-buku, banyak mengandung air (herbacious) dari bukubukunya mudah sekali keluar akar. Memiliki percabangan yang banyak dan setelah tumbuh lama batangnya akan merayap.

hidroponik

Tanaman kangkung tidak memerlukan persyaratan tempat tumbuh yang sulit. Salah satu syarat yang penting adalah air yang cukup. Apabila kekurangan air pertumbuhannya akan mengalami hambatan. Kangkung baik ditanam di dataran rendah. Di dataran tinggi tumbuhnya lambat dan hasilnya kurang. Di dataran rendah, kangkung biasanya ditanam di kolam atau rawa-rawa atau pada timbunan sampah dan juga di tegalan.

Tanaman kangkung banyak dikonsumsi oleh masyarakat dikarenakan selain mudah didapat kangkung juga memiliki kandungan gizi yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Selain mengandung vitamin A, B1, dan C, kangkung juga mengandung protein, kalsium, fosfor, besi, karoten, dan sitosterol. Secara farmakologis, kangkung berperan sebagai antiracun (antitoksik), antiradang, peluruh kencing (diuretik), menghentikan perdarahan (hemostatik), dan sedatif (obat tidur) (Elkim, 2007). Kangkung juga banyak memiliki kandungan gizi yang lengkap seperti dalam data yang diterbitkan oleh Direktorat Gizi DepKes RI (Tabel 2.2) dalam Rukmana (1994) :

Kalori 29,00 kal

Protein 3,00 g

Lemak 0,30 g

Karbohidrat 5,40 g

Vit.A 6300,00 S.I

Vit.B 0.07 mg

Vit.C 32,00 mg

Ca 73,00 mg

P 50,00 mg

Fe 2.50 mg

Air 89,70 g

Produktivitas tanaman kangkung di Jawa Timur pada tahun 2007 adalah sebesar 6,763 ton/ha. Sedangkan produksi kangkung di Kabupaten Jember pada tahun yang sama mencapai 259 ton (Dinas Pertanian Jawa Timur, 2008). Bobot segar tanaman kangkung pada perlakuan pupuk kandang rata-rata adalah sebesar 25,20 g/tanaman.[tk]

Tags:

cara menanam kailan, produktivitas tanaman kangkung
Advertisement
Tanaman Kangkung | admin | 4.5
Leave a Reply