Tips Berkebun Hidroponik Secara Sederhana

Sunday, December 20th, 2015 - Hidroponik

Tips Berkebun Hidroponik Secara Sederhana – Hidroponik adalah suatu istilah yang digunakan untuk bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tumbuhnya. Tanaman dapat di tanam dalam pot atau wadah lainnya dengan menggunakan air dan atau bahan-bahan porus lainnya, seperti kerikil, pecahan genting, pasir, pecahan batu ambang, dan lain sebagainya sebagai media tanamnya. Untuk memperoleh zat makanan atau unsur-unsur hara yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman, ke dalam air yang digunakan dilarutkan campuran pupuk organik. Campuran pupuk ini dapat diperoleh dari hasil ramuan sendiri garam-garam mineral dengan formulasi yang telah ditentukan atau menggunakan pupuk buatan yang sudah siap pakai.

Cara-Menanam-Kemangi-Hidronik

Bercocok tanam secara hidroponik dapat memberikan keuntungan, antara lain :

  1. tanaman terjamin kebebasannya dari hama dan penyakit.
  2. produksi tanaman lebih tinggi.
  3. tanaman tumbuh lebih cepat dan pemakaian pupuk lebih efisien.
  4. tanaman memberikan hasil yang kontinu.
  5. lebih mudah dikerjakan tanpa membutuhkan tenaga kasar.
  6. tanaman dapat tumbuh pada tempat yang semestinya tidak cocok.
  7. tidak ada resiko sebagai ketergantungan terhadap kondisi alam setempat, dan
  8. dapat dilakukan pada tempat-tempat yang luasnya terbatas.

Alat dan bahan Yang Disediakan:

  1. Baki persemaian
  2. Jerigen
  3. Wadah atau pot plastik
  4. hand sprayer
  5. Kompor dan penangas air
  6. Timbangan OHAUS
  7. Pipa paralon berdiamter ½ inc. 20 cm
  8. Ember
  9. Jenis tanaman yang akan ditanam
  10. Bahan porus (pasir, kerikil, pecahan batu bata atau bahan porus lainnya).

Memperoleh tanaman dengan cara persemaian (pembibitan)

  1. Sterilkan pasir yang telah disaring (ayak) dengan cara mecuci dengan air bersih secara berulang-ulang dan rendamlah dalam air mendidih selama lebih kurang satu jam.
  2. Cucilah baki persemaian dan isislah dengan pasir yang telah disterilkan tadi kira-kra setinggi 3-4 cm. (Baki persemaian terlebih dahulu diberi lubang pada alasnya).
  3. Siram baki persemaian dengan air bersih dan biarkan beberpa menit hingga kelebihan airnya terbuang.
  4. Taburkan biji tanaman yang akan ditanam di atas pasir pada baki persemaian. Usahakan letak biji satu dengan lainnya tidak terlalu rapat.
  5. Jagalah jangan sampai pasir tempat persemaian kekeringan. Gunakan hand sprayer yang diisi air biasa untuk menjaga kelembaban pasir atau bila perlu tutuplah baki persemaian dengan kaca.
  6. Pindahkan bibit tanaman yang diperoleh ke dalam tempat permanen atau persemaian kedua, setelah bibit tanaman memiliki 2-4 buah daun. Jika akan langsung ke tempat penenaman hidroponik, bersihkan pasir-pasir yang masih menempel pada akar tanaman.

Memperoleh tanaman dari bibit yang telah tersedia

  1. Pasanglah lembaran surat kabar bekas di atas meja atau tempat bekerja yang anda gunakan.
  2. Ambillah pot yang telah berisi tanaman dan tempatkan sebelah tanag anda di atas permukaan tanah dalam pot. Letakan tanaman dengan kukuh di antara jari-jari (diantara telunjuk dan jari tengah).
  3. Peganglah dasar pot dengan tangan yang masih bebas kemudian balikkan pot tersebut dan dengan hati-hati tarik keluar tanaman beserta akar-akarnya
  4. Bila tanaman tidak mau lepas, benturkan pot tersebut dengan hati-hati secara berulang-ulang pada suatu permukaan yang keras, bila tetap tidak mau terlepas gunakan pisau tumpul untuk mengorek permukaan dalam bagian atas dari pot tersebut.
  5. Apabila telah berhasil peganglah batang tanaman (masih dalam posisi dijepit dua jari yang tidak terlalu kuat) dengan sebelah tangan dan gunakan tangan anda yang masih bebas untuk menghilangkan semua gumpalan tanah yang masih melekat pada akar tanaman. Lakukanlah langkah ini dengan hati-hati.[tk]

Tags:

cara menanam hidroponik dengan paralon, cara membuat media tanam dari pipa paralon, cara membuat pot hidroponik dari paralon, cara membuat pot dari paralon, cara menanam hi, tanaman paralon, hidroponik dengan pipa paralon, tanaman hidroponik paralon, budidaya tanaman di paralon, tanaman di pipa
Advertisement
Tips Berkebun Hidroponik Secara Sederhana | admin | 4.5