Subscribe Us

Inilah Tips Praktis Cara Menanam Tanaman Hias di Rumah Anda, Gampang Saja Kok

Tips Praktis Cara Menanam Tanaman Hias – Dijaman DirumahAja seperti sekarang, banyak orang yang menggeluti dunia berkebun sederhana, so pasti itu untuk mengusir rasa bosan di rumah. Nah Tips Berkebun ini berbagi artikel nih, seputar tips atau cara gampang atau praktis cara menanam tanaman hias di rumah Anda, mumpung banyak waktu dirumah ini, langsung saja disimak ya.
1. Tips Praktis Pemilihan Media tanam
Perlu Anda  ketahui bahwa media tanam  yang cocok dipakai  untuk menanam bunga adalah media tanam  yang terbuat dari tanah liat atau tembikar. Material-material di atas mempunyai  pori-pori yang cukup besar sehingga akar bunga akan mendapatkan aliran oksigen yang cukup untuk tumbuh dengan sehat. Anda  juga tidak disarankan untuk mengisi media tanam  sampe  penuh. Sisakan sekitar 3 sampe  4 cm di permukaan tanah, hal ini penting dilakukan agar tanah yang diisi di dalam media tanam  tidak terlalu padat, dan dapat menciptakan ruang bagi akar dan batang untuk bernapas.
Tips Praktis Cara Menanam Tanaman Hias
Tips Praktis Cara Menanam Tanaman Hias
2. Proses Penanaman
Apabila Anda  menanam bunga menggunakan bibit, ikuti petunjuk penanaman bunga pada bungkus tanaman. Lihat seberapa dalam Anda  harus menanam bibit dan seberapa padat tanah yang dibutuhkan. Setiap bibit bunga mempunyai  cara penanaman yang berbeda, tetapi semuanya mengikuti satu peraturan yang sama, yaitu untuk tidak menekan atau menepuk tanah seperti yang sering Anda  lihat di TV atau majalah. Biarkan tanah senggang agar bibit mendapatkan sirkulasi udara yang cukup untuk tumbuh.
3. Pilih Jenis Bunga yang Tepat
Setiap tanaman mempunyai  karakteristik yang berbeda, seperti tingkat ketahanannya pada iklim tertentu, jumlah air yang diperlukan, cara merawatnya, dan berapa lama bunga bisa bertahan. Oleh karena itu, wajib hukumnya buat Anda  untuk meneliti karakteristik di atas sebelum menanam bunga. Apabila rumah Anda  terletak di datarang rendah yang kering, bunga semacam kembang sepatu, mawar, soka, anggrek, dan lili bisa menjadi pilihan Anda . Akan tetapi apabila Anda  tinggal di dataran tinggi dengan iklim cuaca yang dingin, Anda  bisa menanam bunga tupil, terompet, mawar putih, dan sejenisnya.
4. Siapkan Media Tanam
Sebelum Anda  mulai menanam bunga, siapkan dulu media tanam di pekarangan rumahmu. Media tanam tersebut adalah tanah yang gembur, batu kerikil, pasir, sekam, dan pupuk kandang organik yang nanti akan Anda  susun satu per satu ke dalam media tanam . Urutan sususan tersebut adalah batu kerikil yang disebarkan secara merata pada dasar media tanam , lalu tanah yang sudah dicampurkan dengan sekam, pasir, dan pupuk organik.
5. Proses Penyiraman
Setelah tertanam, siram sampe  air yang meresap ke dalam tanah keluar dari dasar media tanam . Tanaman yang sehat adalah tanaman yang disiram dengan cukup banyak air, tapi tidak sesering mungkin. Tanaman yang terlalu sering disiram air dengan jumlah yang sedikit akan memperlambat pertumbuhan akar bunga dan proses kemekaran. Terutama bunga-bunga yang di tanam di dalam media tanam , karena mereka membutuhkan kelembaban yang lebih ekstra dibandingkan tanaman yang ditanam di tanah luas. Meskipun begitu, hati-hati dengan jumlah air yang Anda  gunakan untuk menyiram tanaman. Jangan sampe  tanah terlalu basah dan susah mengering, hal ini akan menyebabkan bibit dan akar membusuk sehingga bunga pun tidak akan tumbuh.
Demikianlah Artikel mengenai 5 cara tips praktis cara menanam bunga yang gampang di rumah anda, semoga bisa memberikan inspirasi buat Anda ya.[tk]