Subscribe Us

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan - Buah-buahan adalah komponen penting dari diet sehat karena kandungan vitamin dan mineral, serat, dan zat non-nutrisi bermanfaat sebagai senyawa bioaktif. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan konsumsi setidaknya 400 g sekitar lima porsi buah dan sayuran per hari . Konsumsi buah yang rendah adalah salah satu faktor risiko utama untuk peningkatan kematian juga meningkatkan risiko penyakit kronis dan kualitas kesehatan yang buruk. Oleh karena itu, konsumsi buah-buahan secara teratur dapat mengurangi timbulnya beberapa penyakit seperti diabetes, penyakit kardiovaskular dan gastrointestinal, dan beberapa jenis kanker.
Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Kandungan Buah Pisang
Pisang mengandung serat yang cukup tinggi, dan sejumlah antioksidan. Kandungan gizi pada satu buah pisang berukuran sedang (118 gram) adalah:
  • Potassium : 9% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Vitamin B6: 33% dari AKG
  • Vitamin C : 11% dari AKG
  • Magnesium : 8% dari AKG
  • Tembaga : 10% dari AKG
  • Mangan : 14% dari AKG
  • Karbohidrat : 24 gram
  • Serat : 3,1 gram
  • Protein : 1,3 gram
  • Lemak 0,4 gram
Pisang adalah tanaman asli dari Asia Tenggara dan bukti menunjukkan bahwa mereka dibudidayakan di Papua Nugini sekitar 5000 SM. Pisang menyebar ke Afrika dan Timur Tengah, dan pelaut Portugis membawa buah dari Afrika Barat ke Amerika pada abad ke-16. Di Australia, imigran Cina yang semula bekerja di ladang emas mulai menanam buah untuk tujuan komersial. Pisang ini ditanam dari varietas liar yang tumbuh di Queensland Utara selama periode itu. Saat ini, pisang ditanam secara komersial di New South Wales, Queensland, Darwin di Wilayah Utara dan Carnarvon di Australia Barat.
Di Australia, pisang dijual berdasarkan varietas. Cavendish adalah jenis pisang yang paling umum tersedia. Pisang ini berwarna kuning panjang dan cerah. Jari-jari wanita adalah pisang kuning kecil berkulit tipis yang memiliki rasa lebih manis daripada pisang konvensional. Pisang jari Emas adalah varietas baru yang tidak menjadi cokelat saat dipotong. Ini kecil dan kuning dan memiliki rasa getir. Variasi baru lainnya adalah Red Ducca, pisang pendek dan montok dengan kulit merah dan daging berwarna krem ​​hingga merah muda. Pisang ini memiliki rasa raspberry yang ringan.
Pisang raja mengandung lebih banyak pati daripada jenis pisang lainnya. Mereka tegas dan terasa ringan, dengan kulit hijau tebal. Pisang ini perlu dimasak sebelum makan dan sering digunakan dalam masakan Asia, Amerika Latin dan Karibia. Pisang adalah sumber vitamin C yang baik (dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan dalam tubuh), B6 ​​dan folat.
Pisang juga mengandung mineral seperti potasium (yang membantu mengatur tekanan darah), mangan (terlibat dalam pengaturan fungsi otak dan saraf) dan karbohidrat kompleks (yang digunakan sebagai energi dalam tubuh). Pisang mengandung serat makanan, yang penting untuk usus yang sehat.
Tanaman pisang tumbuh paling baik di iklim pantai yang hangat dengan banyak sinar matahari dan air. Bagian utama tanaman terdiri dari daun yang digulung rapat yang dihasilkan dari umbi bawah tanah (bohlam berdaging atau batang tanaman). Tergantung pada varietas dan kondisi iklim, tanaman pisang dapat tumbuh hingga ketinggian 5 m atau lebih. Daun yang spiral dari umbi dapat tumbuh hingga hampir 3 m. Setelah tanaman sepenuhnya matang, umbi berhenti menghasilkan daun baru dan mulai membentuk batang bunga tunggal. Batang ini membungkuk di bawah beratnya sendiri karena pisang tumbuh dari bunga betina. Bunga yang berkembang di ujung batang adalah bunga jantan steril atau 'lonceng'.
Pisang mulai tumbuh antara sembilan dan 12 bulan setelah penanaman di daerah tropis dan setelah sekitar 18 bulan di daerah subtropis. Satu pisang dikenal sebagai jari dan sekitar 15 jari membentuk tangan. Beberapa tangan (sekitar delapan) membentuk seikat pisang. Pisang dipetik saat matang tetapi masih hijau. Secara umum, pisang yang dijual secara komersial telah matang secara artifisial dengan gas etilen. Setelah panen, tanaman pisang dipotong ke tanah dan daun baru tumbuh dari pengisap yang dihasilkan oleh umbi.
Pilih pisang tergantung kapan Anda akan menggunakannya. Jika Anda akan menggunakannya dalam beberapa hari, pilih pisang kuning yang hampir matang. Jika tidak, pilih yang masih sedikit hijau. Hindari pisang yang memiliki kulit pecah atau rusak. Simpan pisang pada suhu kamar. Anda juga bisa menyimpan pisang di lemari es. Kulit akan berubah menjadi hitam di lemari es tetapi Anda masih bisa makan pisang. Pisang mentah akan matang jika ditempatkan dalam kantong kertas cokelat dengan apel (atau pisang matang).
Cobalah salad pisang pedas - campur pisang iris dengan salad sayuran, mentimun, tauge salju dan mint segar, daun ketumbar dan cabai hijau, lalu balut dengan jus jeruk nipis, parutan jahe, cabai, saus ikan dan santan dan taburan kacang di atasnya sebelum disajikan. Siapkan kue pisang - lipat pisang tumbuk dan yoghurt ke dalam adonan kue, tuang ke dalam loyang kue dan panggang, lalu taburi dengan krim keju icing dan taburi dengan kelapa parut. Buat pisang salsa - gabungkan pisang cincang dengan cabai merah cincang, jus jeruk nipis, mint, daun ketumbar dan gula merah, kemudian sajikan bersama ayam atau ikan. Nikmati panekuk pisang untuk brunch - tumbuk pisang ke dalam adonan pancake (telur, tepung, gula, susu dan baking powder), masak sampai berwarna cokelat keemasan dan sajikan dengan bacon dan sirup sirup maple.[tk]