Subscribe Us

Panduan atau Cara Menanam Cabe, Lengkap Mulai Dari Pembibitan Sampai Pemasaran Cabai

Panduan atau Cara Menanam Cabe, Lengkap Mulai Dari Pembibitan Sampai Pemasaran Cabai – Cabai atau Cabe atau Lombok dibudidayakan sebagai sayuran tahunan sedangkan bagian yang dapat dimakan adalah buah botani. Mereka termasuk keluarga Solanaceae bersama dengan tomat, kentang, dan terong. Lombok adalah sumber antioksidan dan vitamin C. Sumber ini bagus. Halaman ini menguraikan produksi Lombok di Australia Barat. Lombok atau cabe berasal dari Amerika Selatan dan Tengah. Mereka adalah anggota keluarga Solanaceae, seperti tomat, kentang, dan terong. Tanamannya lebat, tingginya sekitar 60–80 cm dan semi tanaman keras yang ditanam sebagai tanaman tahunan dalam budidaya komersial. Mereka memasok antioksidan dan vitamin C. Varietas Lombok banyak dan menghasilkan buah dengan berbagai macam bentuk dan warna. Varietas cabe sangat beragam. Di Australia Barat, nama Cabe  digunakan untuk buah yang berbentuk lonceng atau kerucut dengan rasa manis. Buah yang sama disebut paprika atau lada manis di AS dan Inggris.
Istilah cabai mengacu pada buah yang biasanya berbentuk kerucut dan lebih kecil dan kepedasannya mungkin ringan hingga sangat panas. Senyawa utama yang bertanggung jawab untuk kepedasan adalah capsaicin. Dalam varietas cabai, kepedasan terbesar adalah dengan buah merah kecil, terutama di dinding silang, dekat dengan biji dan area empulur. Cabe adalah tanaman rempah-rempah terpenting di dunia. Mereka dapat digunakan segar, dalam acar, saus, salsa, pizza, penyedap dan pasta. Ada peningkatan permintaan di Australia untuk cara-cara baru menggunakan cabai untuk penggunaan kuliner. Harga grosir bervariasi sesuai dengan musim dan waktu tahun. Harga lebih tinggi untuk Cabe  merah yang membutuhkan waktu lebih lama untuk diproduksi daripada yang hijau. Pengembalian untuk Cabe  Carnarvon yang dipanen selama musim dingin dan musim semi umumnya lebih tinggi daripada untuk tanaman Perth. Sebagian besar Lombok ditanam di tanah, menggunakan irigasi tetesan dan mulsa plastik, namun produksi Cabe  berkualitas sangat tinggi dalam sistem tanam terlindungi menggunakan hidroponik meningkat.
Panduan atau Cara Menanam Cabe, Lengkap Mulai Dari Pembibitan Sampai Pemasaran Cabai
Panduan atau Cara Menanam Cabe, Lengkap Mulai Dari Pembibitan Sampai Pemasaran Cabai
Iklim Yang Baik Untuk Budidaya Cabe
Kondisi hangat selama periode pertumbuhan lima bulan diperlukan untuk hasil tinggi dan buah berkualitas baik. Lombok membutuhkan suhu yang sedikit lebih hangat daripada tomat atau mentimun. Cabai lebih toleran terhadap suhu tinggi daripada Cabe s. Suhu optimal untuk set buah adalah antara 16 ° C dan 21 ° C. Untuk pengembangan buah yang baik, suhu malam hari 15-17 ° C dan suhu siang hari 24-30 ° C ideal. Buah mungkin terbakar matahari selama cuaca panas dan buah akan menunjukkan pengaturan yang buruk dan pewarnaan yang buruk ketika suhu di atas 33 ° C. Tanah harus dikeringkan dengan baik, dengan pH optimal 5,0-6,0 (diukur dalam kalsium klorida) dan salinitas rendah.
Varietas Lombok atau Cabai
Kebanyakan varietas komersial adalah hibrida. Varietas memiliki warna matang primer yang biasanya hijau, tetapi mungkin kuning atau ungu. Mereka juga memiliki warna matang sekunder yang biasanya merah, tetapi mungkin oranye atau kuning atau warna lainnya. Buah yang dipetik pada tahap ini jauh lebih manis daripada buah hijau dan memiliki lebih banyak pro-vitamin A. Ada juga varietas berwarna hitam, krem, cokelat dan kapur. Varietas baru selalu diperkenalkan, jadi tanyakan kepada pemasok benih lokal Anda atau pembibitan. Varietas ini mungkin lebih tahan terhadap penyakit, menghasilkan buah lebih banyak, menghasilkan buah lebih seragam atau lebih cocok dengan persyaratan pasar terbaru untuk kualitas. Sebelum menanam varietas baru dalam skala besar, bandingkan dalam penanaman kecil dengan varietas yang ada di bawah kondisi pertumbuhan yang sama. Para petani menghasilkan beragam varietas serta cabai standar seperti Firefly (panjang 9cm dan lebar 1,5cm). Ini termasuk varietas terpanas, Habanaro, dan varietas dunia paling terkenal, Jalapeno. Mereka juga termasuk cabai oval seperti Cherry Bomb dan cabai kecil seperti Cascabella.
Cabai hijau matang kecil (warna primer) atau merah (warna sekunder) sangat diminati. Varietas jenis kuning panjang dan manis ditanam dalam skala kecil dan sering disebut 'paprika' di Australia Barat, tetapi perhatikan bahwa istilah ini harus digunakan untuk Cabe   merah kering. Mereka besar, dibandingkan dengan sebagian besar varietas cabai dan memiliki kepedasan yang sangat rendah ketika dipetik pada tahap kuning (sebelum matang menjadi merah). Ada juga cabe jeruk yang memiliki kepedasan tinggi.
Penyiapan Bibit Cabe
Bibit dapat dibesarkan di tempat tidur atau pembibitan oleh petani, tetapi biasanya dipesan dari pembibitan khusus untuk pengiriman dalam paket sel tunggal dalam 8 hingga 10 minggu.
Di Perth, tanam tanaman awal dari Juli hingga September di daerah yang hangat dan terlindungi dengan baik. Tanaman yang tidak dilindungi membuat pertumbuhan awal yang lambat dan panen sering tertunda. Terowongan plastik rendah atau cloches membantu produksi tanaman awal. Transplantasi tanaman Cabe  utama dari September hingga Desember. Cabe lebih lambat matang daripada Cabe s.
Di Carnarvon, transplantasi dari akhir Februari hingga Agustus. Transplantasi di awal tahun adalah yang terbaik agar tanaman dapat tumbuh dengan baik sebelum cuaca dingin.
Jarak Tanam Tanaman Cabe
Pilihan jarak tergantung pada tata letak irigasi dan akses traktor untuk aplikasi pupuk, penyemprotan booming dan pemanenan. Di Perth, jarak tanam yang baik adalah 75cm (dua baris per tempat tidur) dengan 40 cm yang menghasilkan 30.000 tanaman per hektar. Di Carnarvon, ruang tanam dalam baris ganda dengan tanaman terpisah 40cm antara baris dan 30cm terpisah dalam baris, dengan pusat baris terpisah 1,5 m. Jarak yang lebar memungkinkan pengambilan dalam periode yang lama, sedangkan jarak dekat akan memberikan hasil yang tinggi dalam waktu singkat dan penyerbukan yang lebih baik dalam periode panas.
Pemupukan Tanaman Cabe
Tanah berpasir adalah jenis utama di Dataran Pesisir Swan dari Eneabba ke Busselton. Pupuk fosfor harus diterapkan sebelum tanam di semua kecuali pasir abu-abu yang dalam. Laju fosfor harus ditentukan dari hasil uji tanah.
Elemen jejak dan magnesium juga harus diterapkan sebelum tanam jika tidak diterapkan dalam 12 bulan sebelumnya. Ada berbagai macam pupuk yang tersedia untuk digunakan setelah penanaman. Diskusikan pilihan terbaik untuk situasi Anda dengan penasihat atau konsultan setempat Anda.
Pupuk urea dan kalium biasanya diterapkan pada tanah atau melalui penyuburan melalui irigasi atau penyiram.
Dalam keadaan alami mereka, lempung, kerikil dan tanah liat (ditemukan di Geraldton, Jarrahdale dan di barat daya Australia Barat) memiliki sedikit fosfor yang tersedia. Pengujian tanah sebelum tanam harus digunakan untuk menentukan tingkat pemberian pupuk fosfat sebelum penanaman. Program nutrisi pasca tanam akan bervariasi sesuai dengan jenis tanah dan sejarah penanaman. Diskusikan kebutuhan nutrisi tanaman dengan penasihat atau konsultan yang berkualifikasi.
Tanah aluvial sering ditemukan di daerah penanaman sayuran Carnarvon. Tanah ini mengandung fosfor, kalium dan banyak nutrisi lain yang memadai, dan hanya pupuk nitrogen yang diperlukan.
Mulai tiga minggu setelah transplantasi, oleskan urea 35kg / ha setiap dua minggu, yang dapat disuntikkan ke sistem irigasi menetes. Tanaman yang ditanam pada bulan Agustus merespons semprotan kalsium nitrat foliar pada 2 g / L.
Penyiraman Tanaman Cabe
Cabai membutuhkan kondisi kelembaban tanah yang seragam untuk produksi tinggi. Periode kering dapat menyebabkan penumpahan bunga dan buah-buahan muda, dan ujung bunga busuk pada buah. Saat cuaca panas, sirami tanaman di tanah berpasir dua kali sehari. Pada bulan-bulan hangat, oleskan tiga perlima air di awal hingga pertengahan pagi dan dua perlima pada awal hingga pertengahan sore. Pada bulan-bulan yang lebih dingin, oleskan semua air di awal hingga pertengahan pagi.
Air yang digunakan untuk irigasi sebaiknya mengandung kurang dari 1000 bagian per juta (ppm) dari total garam terlarut, atau memiliki pembacaan konduktivitas listrik (EC) kurang dari 180 millisiemens per meter (mS / m).
Gunakan air untuk menggantikan 130% penguapan. Untuk menghitung berapa banyak air yang ditanam tanaman di tanah berpasir, lihat tautan 'Lihat juga' di halaman ini.
Semakin banyak Cabe  disiram dengan irigasi menetes di Perth. Ketika dikombinasikan dengan mulsa plastik hitam, ini menghasilkan gulma lebih sedikit dan penghematan air. Ini juga berguna untuk Cabe  di bawah cloches untuk meningkatkan suhu tanah dalam cuaca dingin. Namun, irigasi menetes dapat menyebabkan lebih banyak tungau dan embun tepung pada tanaman dibandingkan dengan menggunakan alat penyiram. Mungkin ada dua baris Cabe   per cloche, masing-masing dengan deretan irigasi tetesan sendiri.
Faktor penggantian penguapan 60-90% disarankan untuk irigasi kapri di Perth. Para penanam juga dapat menanam baris ganda pada mulsa plastik hitam atau reflektif, tanpa perlindungan polythene yang jelas, dan air dengan irigasi sprinkler sejak penanaman dan seterusnya.
Ketika menggunakan irigasi menetes dan mulsa plastik, siram pada tingkat penggantian penguapan harian 25% selama pertumbuhan awal dan pada 40-50% tingkat penggantian penguapan harian mulai dari pembungaan dan seterusnya. Tensiometer dapat digunakan untuk penjadwalan irigasi untuk menerapkan irigasi pada tegangan tanah yang disarankan 30-35 centibars (cb).
Tanaman awal sering ditanam di Perth pada bulan Juli dan Agustus dan dibesarkan dalam jubah. Ini memberikan suhu udara dan tanah yang lebih tinggi, dan mempercepat pertumbuhan tanaman, mengurangi masalah hama dan memberikan perlindungan dari angin, hujan lebat dan peledakan pasir.
Cloches memiliki lingkaran kawat dengan jarak 1,2 m, yang dimasukkan sekitar 30 cm ke dalam tanah dan tingginya sekitar 50cm. Garis kawat di atas lingkaran membantu menopang plastik. Plastiknya 1,5 m lebar dan terselip di tanah. Plastik harus dinaikkan pada hari-hari hangat. Pada akhir September, plastik dapat dikeluarkan dan petani kemudian menyiram dengan alat penyiram atau melanjutkan dengan irigasi menetes. Cabe  dapat dilindungi dari sengatan matahari dan angin dengan menumbuhkan di bawah shadecloth (25-40% naungan) yang mungkin permanen atau ditempatkan sementara pada lingkaran di atas tanaman dan dipindahkan ke satu sisi untuk panen. Tanaman rindang menghasilkan buah yang lebih besar dan lebih kencang serta meningkatkan kemasan buah-buahan premium.
Pemangkasan Tanaman Cabai
Lombok umumnya tidak perlu dipangkas atau ditopang. Namun, tanaman awal di Carnarvon mungkin membutuhkan pengerjaan horisontal kawat tunggal untuk mencegah kerusakan akibat badai dan angin di musim dingin.
Setelah pertumbuhan musim pertama, beberapa petani memangkas Cabe  kembali ke cabang-cabang utama dan memungkinkan mereka untuk tumbuh kembali. Ini bukan praktik yang baik, karena hasil panen lebih rendah di tahun kedua dan penyemprotan sering diperlukan untuk pengendalian hama dan penyakit.
Di Carnarvon, tanaman yang ditanam pada bulan Maret kadang-kadang dipotong pada bulan Agustus / September dengan alat pemotong atau sikat untuk memberikan tanaman kedua pada bulan November / Desember.
Hama dan penyakit Tanaman Cabe
Lombok perlu pemantauan rutin untuk menghasilkan hasil dan kualitas buah yang baik. Hal ini terutama berlaku untuk Carnarvon, di mana penyemprotan secara teratur mungkin diperlukan selama musim-musim tertentu untuk mengendalikan hama utama seperti kutu daun di seluruh tanaman, belatung pada buah-buahan dan jamur tepung (Leveillula taurica) dan tempat bakteri (Xanthomonas campestris) pada daun. Ulat dan kutu daun adalah masalah hama utama di Perth.
Cabe  juga dipengaruhi oleh penyakit yang ditularkan melalui tanah seperti busuk Fusarium, busuk Sclerotinia, kanker batang Rhizoctonia, dan nematoda simpul akar. Rotasi tanaman karenanya direkomendasikan, dengan selang waktu tiga tahun antara tanaman Cabe .
Cabe   rentan terhadap virus, yang tidak ada kontrol langsung. Virus layu tomat terlihat lebih umum di Australia Barat dalam beberapa tahun terakhir dan disebarkan oleh thrips. Virus mosaik timun disebarkan oleh kutu daun dan telah menyebabkan kerusakan parah pada tanaman Cabe  di Carnarvon dalam beberapa tahun terakhir.
Hubungi otoritas pestisida dan obat-obatan hewan Australia (AVPMA), pengecer, penasehat, dan label kimia terkini untuk opsi terbaru untuk pengendalian hama.
Di daerah yang tidak berarsir, buah yang terpapar, terutama pada tahap merah, mungkin tidak dapat dijual karena terbakar matahari.
Cuaca panas, nitrogen tinggi dan air rendah dapat meningkatkan kerugian dari busuk ujung bunga yang muncul sebagai bintik-bintik cokelat cekung di sisi atau ujung buah. Kekurangan kalsium juga terkait dengan pembusukan ujung bunga dan penanam dapat menyemprotkan kalsium nitrat pada 2 g / L di musim panas untuk membantu meminimalkan hal ini.
Penyiangan Tanaman Cabe
Cabe   memiliki periode tanam yang panjang tetapi tidak menutupi tanah dengan baik. Oleh karena itu, pengendalian gulma yang baik sangat penting untuk membantu pengendalian dan pemanenan serangga dan penyakit. Tidak ada herbisida residu terdaftar dan kapsisum sensitif terhadap ini. Mulsa plastik hitam atau reflektif akan mengendalikan gulma, kecuali di lubang tanam. Jika mulsa plastik tidak digunakan, banyak penyiangan dengan tangan akan diperlukan.
Lombok terutama penyerbukan sendiri dan tidak perlu lebah untuk penyerbukan. Buah hijau matang untuk dipetik 30-35 hari setelah berbunga dan buah merah membutuhkan 20-25 hari lebih lanjut. Penyerbukan mungkin buruk dalam cuaca panas atau dingin, setelah tekanan mositure, ketika kelembaban terlalu rendah dan dalam angin kencang. Buah siap dipanen 10–15 minggu setelah tanam, tergantung pada musim dan tingkat kematangan yang dibutuhkan untuk pasar.
Tahap Pemanenan Cabe
Cabe   atau cabai dipotong atau dengan hati-hati diambil dengan tangan dan batang dipangkas dengan gunting rambut atau pisau. Hindari merusak bahu buah dan cabang, karena ini dapat menyebabkan pembusukan lunak bakteri. Cabe   dapat dipetik pada tahap warna primer atau sekunder yang matang. Ini memberi lebih banyak fleksibilitas dalam panen dibandingkan dengan kebanyakan tanaman. Panen pada interval 7 hingga 21 hari tergantung pada musim dan kebutuhan untuk memilih.
Ambil Cabe s pada tahap primer matang (biasanya hijau), ketika mereka keras, dengan dinding tebal dan hijau gelap. Jika dipetik terlalu dini, mereka memiliki dinding yang lebih tipis dan cenderung layu. Jika diinginkan, Cabe  dapat dibiarkan pada tanaman ke tahap sekunder (biasanya merah) sebelum panen. Pada tahap ini, mereka lebih manis, tetapi tidak terlalu keras. Juga, hasil panen dapat dikurangi 25-50%, tetapi harga pada tahap sekunder biasanya lebih tinggi daripada untuk buah pada tahap primer. Anda hanya dapat memetik buah satu warna, atau memilih kedua warna.
Setelah buah awal telah ditetapkan, beberapa bunga tambahan akan ditetapkan sampai buah pertama dipetik. Tanaman terberat berasal dari tiga pilihan pertama. Beberapa pemetik alergi terhadap cabai.
Hasil Cabe  biasanya bervariasi antara 10 dan 30t / ha, tetapi hasil 50t / ha tidak biasa, dengan beberapa hasil tertinggi hingga 80t / ha.
Penyimpanan Cabe
Dinginkan buah dengan pendingin udara paksa atau dengan pendingin vakum. Simpan pada suhu 7–10 ° C dan kelembaban relatif 90–95% hingga tiga minggu. Buah yang akan disimpan untuk beberapa waktu tidak boleh disimpan dengan buah seperti tomat dan apel yang akan mengeluarkan gas etilen dan mengurangi masa penyimpanan. Buah hijau memiliki masa penyimpanan terpanjang.
Pemasaran Cabe
Tersedia mesin yang akan mencuci, menyikat, dan memeratakan Cabe s untuk ukuran. Buah juga perlu dinilai secara visual untuk warna, sehingga paket hanya berisi buah satu warna. Mereka juga dapat dinilai secara sukarela menjadi kelas khusus atau premium dan No. 1. Buah lebih disukai dikemas pada sisinya dalam karton, tetapi wadah plastik yang dapat dikembalikan juga digunakan untuk pemasaran. Cabe dapat dikemas ke dalam kantong polietilena 1kg berventilasi kecil dengan delapan kantong per karton atau ke dalam baki.
Sekitar tiga perempat Cabe  dijual sebagai buah hijau, dan sisanya adalah campuran warna, terutama merah, tetapi kuning dan oranye juga populer. Sebagian besar cabe dijual sebagai buah merah.
Buah yang berubah dari satu warna ke warna lain tidak harus dipetik. Buah tidak akan berubah warna setelah panen. Namun, untuk mendapatkan harga yang lebih tinggi, beberapa varietas mungkin dimatangkan dengan gas etilen merah asalkan buahnya diberi gas pada tingkat 30% cokelat atau balik.
Impor capicum signifikan dari Australia timur dan luar negeri jika ada kekurangan dari petani Australia Barat. Ada juga fleksibilitas dalam waktu memetik. Karena alasan ini, harga yang sangat tinggi umumnya tidak diterima untuk Cabe.[tk]