Subscribe Us

4 Tips untuk Menjaga Akuntansi Bisnis Anda Tetap Teratur

Mengatur akuntansi dalam sebuah bisnis saat ini banyak terbantu oleh hadirnya software dan aplikasi akuntansi gratis. Melakukan akuntansi bisnis dengan cermat dan rapi bisa membantu kinerja bisnis Anda setiap saat. Dengan akuntansi yang terorganisir sejak awal, maka keuangan bisnis Anda akan tetap stabil.
Dengan pendekatan sistematis untuk akuntansi bisnis, Anda dapat membuat keputusan tepat waktu tentang arus kas dan melihat kapan bisnis Anda siap untuk berkembang lebih lanjut. 3 tips di bawah ini dapat membantu keuangan Anda teroganisir dengan baik.

Trik Menjaga Akuntansi Bisnis Tetap Teratur
1.      Pisahkan Rekening Bank Pribadi Dan Bisnis Anda
Akun bisnis dan pribadi yang terpisah akan memberikan kejelasan atas biaya yang dapat dikurangkan dari pajak yang dikeluarkan bisnis. Pemisahan akun juga akan memastikan Anda menjaga niche bisnis, rekening giro dan kartu kredit.
 Sehingga tidak ada transaksi bisnis atau biaya PPN yang dihilangkan. Memisahkan akun bisnis dan pribadi Anda mutlak diperlukan untuk menghindari  transaksi yang membingungkan dan pajak dengan jumlah yang salah.
2.      Hindari membayar biaya atau tagihan tunai jika memungkinkan
Jangan  menggunakan uang tunai untuk transaksi bisnis Anda. Pengeluaran yang dibayar tunai bisa sulit untuk dilacak dari pengeluaran uang tunai dengan kwitansi dapat menjadi rumit dan memakan waktu.
Jika Anda harus menggunakan uang tunai, segera gunakan formulir pengeluaran untuk memastikan Anda secara akurat mencatat semua transaksi bisnis, PPN dan pajak layanan lainnya yang perlu dicatat.
3.       Buat Catatan Terpisah Untuk Hutang dan Piutang Dagang
Memiliki sistem piutang dapat membantu Anda melacak apakah pelanggan telah membayar dan seberapa lama utang belum dibayar. Anda dapat mengejar pembayaran dan menjaga arus kas Anda lancar sepanjang bulan dengan mencatat hutang dan piutang dagang secara terpisah.
Penting juga untuk memiliki sistem untuk hutang dagang Anda, yang akan membantu Anda memastikan Anda tidak terlambat dalam membayar supplier bisnis Anda.
Semua trik di atas bisa Anda atur dengan mudah jika Anda mengunduh aplikasi akuntansi gratis bernama “Buku Kas”. Aplikasi ini bisa mengatur semua tugas akuntansi Anda dan bisa menyimpan dokumen Anda secara digital.
Anda tidak harus secara manual menyimpan kwitansi, faktur, dan dokumen keuangan lainnya dari bisnis Anda. Menyimpan catatan Anda secara digital di aplikasi Buku Kas juga membuat cadangan file Anda secara elektronik aman.

Buku Kas juga mempunyai fitur yang memungkinkan Anda untuk memasukkan pemasukan dan pengeluaran dengan beberapa klik, mengautomatiskan faktur kepada pelanggan dan menyinkronkan rekening bank bisnis Anda sehingga transaksi dicatat secara instan.
Anda dapat mengelola akun Anda secara real time di aplikasi pembukuan. Untuk mengetahui bagaimana aplikasi Buku Kas dapat membantu Anda mengatur keuangan Anda dengan lebih baik, instal saja aplikasinya sekarang.