Subscribe Us

6 Tempat Wisata Pekanbaru yang Cocok Dikunjungi dengan Keluarga


Pekanbaru… Namanya mungkin cukup jarang disebutkan sebagai destinasi favorit wisatawan untuk berlibur. Namun, siapa sangka kalau kota terbesar di Provinsi Riau ini punya banyak pilihan tempat menarik untuk dieksplorasi?
Bagi Anda yang tengah merencanakan wisata akhir pekan bersama keluarga, berikut daftar destinasi terbaik Pekanbaru yang wajib dikunjungi.
  1. Alam Mayang Pekanbaru


Alam Mayang (sumber : riauberbagi.blogspot.)

Alam Mayang merupakan destinasi pertama yang wajib disambangi ketika liburan di Pekanbaru. Terletak sekitar 8 km dari pusat kota, tempat ini menyajikan nuansa wisata yang seru serta menarik untuk seluruh anggota keluarga.
Selain panorama alam yang sejuk dan asri, di sini juga terdapat arena outbound lengkap dengan kolamnya—di mana pengunjung dapat menjajal beragam wahana, mulai dari banana boat, sepeda air, sampai camper boat.
2. Danau Bandar Khayangan
Di wilayah Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, terdapat sebuah danau buatan seluas 150 hektare yang dimanfaatkan sebagai sarana irigasi sekaligus rekreasi. Yup, Danau Bandar Khayangan namanya.
Tempat ini menawarkan keindahan wisata tirta nan memikat. Di lokasi, wisatawan bisa menghabiskan waktu dengan berkeliling danau menumpang speedboat atau sampan. Naiklah ke puncak bukit jika Anda ingin menyaksikan keindahan Danau Bandar Khayangan dari ketinggian.
3. Anjungan Seni Idrus Tintin
Ke Pekanbaru tak lengkap rasanya kalau tak menyambangi Anjungan Seni Idrus Tintin. Bangunan unik berciri khas Melayu-Riau ini merupakan gedung seni dan pertunjukan yang sangat terkenal seantero Riau.
Nama gedung ini diambil dari nama seorang seniman termahsyur Riau, Idrus Tintin. Destinasi wisata yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Tangkerang Selatan, Bukit Raya, Pekanbaru, ini bisa menjadi referensi wisata edukasi dan budaya yang cocok untuk siapa saja.
4. Citraland Waterpark
Jika Anda mencari rekomendasi tempat wisata yang seru dan tak membosankan (terutama buat anak-anak), Citraland Waterpark Pekanbaru wajib dimasukkan dalam daftar kunjungan.
Dengan tema “Every time is fun” Anda sekeluarga akan dimanjakan dengan kolam renang raksasa dan beragam wahana permainan, seperti Giant Mushroom, Aquasplash, Aquasphere, Waterlotter, Rainbow, Bodyslide, dan masih banyak lagi yang lainnya!
5. Perpustakaan Soeman H.S.
Pekanbaru ternyata punya gedung perpustakaan yang sangat cantik, lho. Perpustakaan Soeman H.S. ini terletak di Jalan Jenderal Soedirman 462 dan memiliki desain arsitektur yang sangat unik dengan atap membentuk buku terbuka.
Tak cuma koleksi buku yang lengkap, di sini juga ada banyak fasilitas penunjang yang akan membuat pengunjung betah, seperti kantin, musala, auditorium, serta kafe. Perpustakaan Soeman H.S. sangat cocok untuk anak-anak karena di sini disediakan Children Library dan Kids Corner khusus.
6. Istana Siak Sri Inderapura

Istana Siak Sri Inderapura (sumber : wikipedia.org)
Istana Siak Sri Inderapura dulunya merupakan pusat pemerintahan Kesultanan Siak. Bangunan yang juga dikenal dengan nama Istana Asserayah Hasyimiyah (Istana Matahari) ini adalah bukti kejayaan Islam di tanah Riau dari abad 16 sampai 20. Istana dengan gaya arsitektur Melayu, Arab, dan Eropa ini dibangun tahun 1883 pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim.
Nah, demikian beberapa wisata Pekanbaru untuk dikunjungi dengan keluarga di akhir pekan. Jika Anda masih mencari referensi hotel di Pekanbaru yang aman, murah, dan strategis, Airy adalah pilihan yang tepat.
Kami menjamin setiap transaksi di Airy aman dan bebas penipuan. Selain itu, ada beragam pilihan akomodasi yang nyaman dan terjangkau. Setiap kamar hotel dilengkap dengan tujuh standar kenyamanan, yakni AC, TV layar datar, air minum, perlengkapan mandi, hot shower, Wi-Fi gratis, serta tempat tidur yang empuk dan bersih.
Nah, sudah siap untuk berlibur di Pekanbaru?